Fashion · Mei 2, 2024

Apa Saja Cirinya Berlian Asli yang Bisa Dikenali Tanpa Alat Bantu?

Membeli berlian merupakan investasi yang signifikan, baik untuk diri sendiri maupun sebagai hadiah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri berlian asli agar terhindar dari penipuan.

Meskipun alat bantu seperti diamond tester dapat membantu, Anda juga bisa mengenali cara membedakan berlian asli dan palsu tanpa alat bantu dengan memperhatikan beberapa ciri berikut:

1. Kejernihan (Clarity)

Berlian asli memiliki tingkat kejernihan yang tinggi, sehingga terlihat jernih dan bebas dari cacat yang terlihat dengan mata telanjang. Cacat ini dapat berupa inklusi (gelembung udara, kristal mineral) atau retakan. Berlian dengan tingkat kejernihan yang tinggi biasanya lebih mahal.

2. Potongan (Cut)

Potongan berlian yang baik akan menghasilkan kilau dan api yang maksimal. Potongan yang buruk dapat membuat berlian terlihat kusam dan tidak menarik. Perhatikan simetri, proporsi, dan polesan berlian saat memilih.

3. Warna (Color)

Berlian asli memiliki skala warna dari D (tidak berwarna) hingga Z (berwarna kuning). Berlian tanpa warna (D, E, F) umumnya lebih mahal. Perhatikan warna berlian di bawah cahaya alami dan hindari melihatnya di bawah lampu toko yang dapat membuat berlian terlihat lebih putih.

4. Karat (Carat)

Karat merupakan satuan untuk mengukur berat berlian. Semakin besar karat berlian, semakin mahal harganya. Perhatikan karat berlian yang tertera pada sertifikat dan bandingkan dengan ukurannya secara visual.

Baca Juga  Mengenal Berlian: Solusi untuk Cincin Wanita yang Mengesankan

5. Kilau (Brilliance)

Berlian asli memiliki kilau yang kuat dan tajam, yang berasal dari pantulan cahaya pada permukaannya. Perhatikan kilau berlian dari berbagai sudut dan bandingkan dengan berlian lain.

6. Api (Fire)

Api berlian adalah pancaran warna yang dihasilkan saat berlian terkena cahaya. Berlian asli memiliki api yang berwarna-warni, seperti merah, kuning, dan biru. Perhatikan api berlian di bawah cahaya putih dan bandingkan dengan berlian lain.

7. Ketahanan (Durability)

Berlian adalah salah satu batu mulia paling keras di dunia. Goreskan berlian pada kaca untuk memastikan keasliannya. Jika kaca tergores, kemungkinan besar berlian tersebut asli.

8. Sertifikat

Sertifikat merupakan bukti otentikasi yang sangat penting dalam memastikan cara membedakan berlian asli dan palsu. Namun, ada beberapa ciri khas yang bisa membantu mengenali berlian asli tanpa perlu alat bantu. Pertama, kekerasan berlian yang sejati membuatnya tahan terhadap goresan dan tekanan, sehingga dapat memotong benda lain dengan mudah. Selain itu, kecerlangan yang khas pada berlian asli tercermin dalam kilauannya yang tak tertandingi, terutama ketika terkena cahaya. Lalu, kejernihan berlian yang asli juga memungkinkan kita untuk melihat dengan jelas melalui batu permata tersebut tanpa ada inklusi atau cacat yang terlihat. Yang terakhir, berat jenis berlian yang sebenarnya juga menjadi ciri penting, di mana berlian asli akan lebih berat dibandingkan dengan berlian sintetis atau batu permata lainnya dengan ukuran yang sama. Dengan memperhatikan ciri-ciri ini, kita dapat mengenali berlian asli tanpa perlu menggunakan alat bantu atau sertifikat.

Baca Juga  Bagaimana Tren Desain Anting Emas Mewarnai Dunia Fashion di Tahun Ini?

Kesimpulan:

Membeli berlian tanpa alat bantu memang membutuhkan kejelian dan pengetahuan. Perhatikan cara membedakan berlian asli dan palsu di atas dan jangan ragu untuk bertanya kepada penjual yang terpercaya. Untuk memastikan keaslian berlian, Anda dapat membeli berlian dengan sertifikat dari laboratorium gemologi terpercaya.

Ingin memiliki berlian asli dengan kualitas terbaik? Kunjungi Frank & co., toko perhiasan berlian terpercaya di Indonesia. Frank & co. menawarkan berbagai pilihan berlian dengan kualitas terbaik dan sertifikat keaslian yang terjamin. Dapatkan promo menarik dan konsultasi gratis dengan ahli berlian Frank & co.